A
          ku: Ini soal bikin karya di ukuran kecil, soal yang lain baru nyusul selanjutnya.


Saya: Lah, kenapa soal ukuran harus jadi soal utama?

Aku: Ya, siapa yang tau kalo soal ukuran juga punya potensi jadi sesuatu? Bukan sekedar jadi aturan formal buat batasan ukuran aja. Bisa jadi menarik, bisa jadi oke, bisa jadi apalah, malah bisa jadi ngga jadi apa-apa... tapi harus dicoba kan?

Saya: Jadi maksudnya?

Aku: Jadi di sini, tujuan utamanya soal gimana seniman bisa akrab dan intim sama ukuran karyanya yang kecil. Di sini seniman ditantang buat ngeberesin atau sebut aja ngejawab satu persoalan cuman make lembar jawaban yang kecil, ukuran 15 cm X 15 cm X 15 cm...

Saya: Ah, terus caranya gimana?

Aku: Kita sodorin aja tema ‘KOLOSAL’ buat seniman berkarya. Kayanya pas tuh buat jadi soal biar dijawab..

Saya: KOLOSAL itu sama kaya besar, kan?

Aku: Ya, sama-sama banget sih ngga juga.  KOLOSAL itu boleh jadi ngga  sekedar soal ukuran. Ukuran bisa jadi, tapi bisa juga soal jumlah, batas, gelar, malah mungkin masih banyak yang lain. Ya, seniman bisa cari maksudnya di KBBI, Oxford Dictionary, atau ya kita bebasin lah gimana seniman interpretasiin makna KOLOSAL. Toh, konon seniman kan punya cara interpretasi yang macem-macem, maha banyak idenya...

Saya: Tapi itu masih konon, kan...? Terus kalo ngga sekedar ukuran, jelasnya...?

Aku: Misalnya, kalo denger film kolosal, bukan berarti filmnya butuh layar besar atau ukurannya besar atau waktunya lama... Bisa jumlah pemainnya banyak, tapi bisa juga karena filmnya ngangkat satu tokoh terkenal atau tentang sejarah atau apalah, bebas lah, kira-kira gitu.. Nah, yang menarik gimana seniman ngangkat soal KOLOSAL tadi tapi “kebentur” bidang 15 cm X 15 cm X 15 cm...

Saya: Ya, ya... kebayang sih dikit-dikit... boleh juga lah idenya, hehehe